Nabi Muhammad saw berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya keturunan Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy. 
Setelah menikah, Abdullah melakukan pepergian ke Syam. Ketika pulang dari pepergian itu, ia wafat di Madinah dan dikuburkan di kota itu juga. 
Setelah beberapa bulan dari wafatnya sang ayah berlalu, Nabi  pamungkas para nabi lahir di bulan Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di  Makkah, dan dengan kelahirannya itu, dunia menjadi terang-benderang.  Sesuai dengan kebiasaan para bangsawan Makkah, ibundanya menyerahkan  Muhammad kecil kepada Halimah Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk  disusui. Beliau tinggal di rumah Halimah selama empat tahun. Setelah  itu, sang ibu mengambilnya kembali. 
 
Dengan tujuan untuk berkunjung ke kerabat ayahnya di Madinah, sang  ibunda membawanya pergi ke Madinah. Dalam perjalanan pulang ke Makkah,  ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah daerah yang terletak  antara Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat, secara  bergantian, kakek dan paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib  memelihara beliau. Pada usia dua puluh lima tahun, beliau menikah dengan  Khadijah yang waktu itu sudah berusia empat puluh tahun. Beliau  menjalani hidup bersamanya selama dua puluh lima tahun hingga ia wafat  pada usia enam puluh lima tahun. 
Pada usia empat puluh tahun, beliau diutus menjadi nabi oleh Allah.  Ia mewahyukan kepada beliau al-Quran yang seluruh manusia dan jin tidak  mampu untuk menandinginya. Ia menamakan beliau sebagai pamungkas para  nabi dan memujinya karena kemuliaan akhlaknya. 
Beliau hidup di dunia ini selama enam puluh tiga tahun.  Menurut  pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan Shafar 11 Hijriah  di Madinah. 
Bukti Kenabian Rasulullah saw 
Secara global, kenabian seorang nabi dapat diketahui melalui tiga jalan: 
1. Pengakuan sebagai nabi. 
2. Kelayakan menjadi nabi. 
3. Mukjizat. 
Pengakuan Sebagai Nabi 
Telah diketahui oleh setiap orang bahwa Rasulullah saw telah mengaku  sebagai nabi di Makkah pada tahun 611 M., masa di mana syirik,  penyembahan berhala dan api telah menguasai seluruh dunia. Hingga akhir  usia, beliau selalu mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan  sangat banyak sekali di antara mereka yang mengikuti ajakan beliau itu. 
Kelayakan Menjadi Nabi 
Maksud asumsi di atas adalah seorang yang mengaku menjadi nabi harus  memiliki akhlak dan seluruh etika yang terpuji, dari sisi kesempurnaan  jiwa harus orang yang paling utama, tinggi dan sempurna, dan terbebaskan  dari segala karakterisitik yang tidak terpuji. Semua itu telah dimiliki  oleh Rasulullah saw. Musuh dan teman memuji beliau karena akhlaknya,  memberitakan sifat-sifat sempurna dan kelakuan terpujinya dan  membebaskannya dari setiap karakterisitik yang buruk. 
Kesimpulannya, akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang  terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia,  khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia  berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta  nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk  menduduki kursi kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan  meragukan semua itu. 
Mukjizat 
Mukjizat dapat disimpulkan dalam lima hal: 
1. Mukjizat akhlak. 
2. Mukjizat ilmiah. 
3. Mukjizat amaliah. 
4. Mukjizat maknawiyah. 
5. Mukjizat keturunan. 
Mukjizat Akhlak 
Sejak masa muda, Nabi Muhammad saw telah dikenal dengan kejujuran,  amanat, kesabaran, ketegaran, dan kedermawanan. Dalam kesabaran dan  kerendahan diri beliau tidak memiliki sekutu dan dalam kemanisan etika  beliau tak tertandingi. “Sesungguhnya engkau berada di puncak akhlak  yang agung.” Dalam memaafkan, beliau tak ada taranya. Ketika mendapatkan  gangguan dan cemoohan masyarakatnya, beliau hanya berkata اَللّهُمَّ  اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ  “Ya Allah, ampunilah  kaumku, karena mereka tidak mengetahui.”Beliau selalu mengharapkan  kebaikan seluruh umat manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap  mereka. “Ia belas-kasih dan pengasih terhadap Mukminin.” 
Beliau tidak pernah menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para  sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi mereka. Beliau selalu  memberikan tempat khusus kepada orang-orang baik di sisi beliau. Orang  yang paling utama di sisi beliau adalah orang yang dikenal dengan  kebajikanya terhadap Muslimin dan orang yang termulia adalah orang yang  lebih bertindak toleran dan tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau  tida pernah duduk dan bangun (dari duduk) kecuali dengan menyebut nama  Allah dan mayoritasnya, beliau duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau  tidak pernah menentukan tempat duduk khusus bagi dirinya. Beliau  memperlakukan masyarakat sedemikian rupa sehingga mereka merasa dirinya  adalah orang termulia di sisi beliau. Beliau tidak banyak berbiacara dan  tidak pernah memotong pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara  kebatilan. 
Beliau tidak pernah mencela dan mencerca seseorang. Beliau tidak  pernah mencari-cari kesalahan orang lain. Budi pelerti beliau yang  menyeluruh telah meliputi seluruh umat manusia. Beliau selalu sabar  menghadapi perangai buruk bangsa Arab dan orang-orang yang asing bagi  beliau. Beliau selalu duduk di atas tanah dan duduk bersama orang-orang  miskin serta makan bersama mereka. Dalam makan dan berpakaian, beliau  tidak pernah melebihi rakyat biasa. Setiap berjumpa dengan seseorang,  beliau selalu memulai mengucapkan salam dan berjabat tangan dengannya.  Beliau tidak pernah mengizinkan siapa pun berdiri (untuk  menghormati)nya. Beliau selalu menghormati orang-orang berilmu dan  berakhlak mulia. Dibandingkan dengan yang lain, beliau lebih bijaksana,  sabar, adil, berani dan pengasih. Beliau selalu menghormati orang-orang  tua, menyayangi anak-anak kecil dan membantu orang-orang yang terlantar.  Sebisa mungkin, beliau tidak pernah makan sendirian. Ketika beliau  meninggal dunia, beliau tidak meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham  pun. 
Keberanian beliau sangat terkenal sehingga Imam Ali as pernah  berkata: “Ketika perang mulai memanas, kami berlindung kepada beliau.” 
Rasa memaafkan beliau sangat besar. Ketika berhasil membebaskan  Makkah, beliau memegang pintu Ka’bah seraya bersabda (kepada musyrikin  Makkah): “Apa yang kalian katakan dan sangka sekarang?” Mereka menjawab:  “Kami mengatakan dan menyangka kebaikan (terhadapmu). Engkau adalah  seorang pemurah dan putra seorang pemurah. Engkau telah berhasil  berkuasa terhadap kami. Engkau pasti mampu melakukan apa yang kau  inginkan.” Mendengar pengakuan mereka ini, hati beliau tersentuh dan  menangis. Ketika penduduk Makkah melihat kejadian itu, mereka pun turut  menangis. Setelah itu beliau bersabda: “Aku mengatakan seperti apa yang  pernah dikatakan oleh saudaraku Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi kalian  pada hari ini. Allah akan mengampuni kalian, dan Ia adalah Lebih  Pengasih dari para pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau memaafkan seluruh  kriminalitas dan kejahatan yang pernah mereka lakukan seraya mengucapkan  sabda beliau yang spektakuler: “Pergilah! Kalian bebas.” 
Mukjizat Ilmiah 
Dengan merujuk kepada buku-buku yang memuat sabda, pidato dan  nasihat-nasihat beliau secara panjang lebar, mukjizat ilmiah beliau ini  dapat dipahami dengan jelas. 
Mukjizat Amaliah 
Dapat diakui bahwa seluruh perilaku beliau dari sejak lahir hingga  wafat adalah sebuah mukjizat. Dengan sedikit merenungkan kondisi dan  karakteristik masyarakat Hijaz, khususnya masyarakat kala itu,  kemukjizatan seluruh perilaku beliau akan jelas bagi kita. Beliau bak  sebuah bunga yang tumbuh di ladang duri. Beliau tidak hanya tidak  terpengaruh oleh karakteristik duri-duri itu, bahkan beliau berhasil  merubahnya. Beliau tidak hanya terpengaruh oleh kondisi kehidupan  masyarakat kala itu, bahkan beliau berhasil mempengaruhi gaya hidup  mereka. 
Dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah berhasil  melakukan empat pekerjaan besar dan fundamental meskipun banyak aral  melintang dan problema yang melilit. Masing-masing pekerjaan itu dalam  kondisi normal semestinya memerlukan usaha bertahun-tahun untuk dapat  tegak berdiri sepanjang masa. Keempat pekerjaan besar itu adalah sebagai  berikut: 
Pertama, berbeda dengan agama-agama yang sedang berlaku pada masa  beliau, beliau mendirikan sebuah agama baru yang bersifat Ilahi. Beliau  telah berhasil menciptakan banyak orang beriman kepada agama tersebut  sehingga sampai sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih kuat  tertanam di dalam lubuk hati ratusan juta pengikutnya. Menjadikan  seseorang taat adalah sebuah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi,  menundukkan hati masyarakat, itu pun sebuah masyarakat fanatis dan bodoh  tanpa syarat dan menjadikan mereka taat dari lubuk hati bukanlah sebuah  pekerjaan yang mudah. 
Kedua, dari kabilah-kabilah berpecah-belah yang selalu saling  bermusuhan dan memiliki hobi berperang, beliau berhasil sebuah umat yang  satu dan menjalin persaudaraan, persamaan, kebebasan dan kesatun  kalimat dalam arti yang sebenarnya di antara mereka. Setelah beberapa  tahun berlalu, beliau berhasil membentuk sebuah umat yang bernama umat  Muhammad saw. Hingga sekarang umat ini masih eksis dan terus bertambah. 
Ketiga, di tengah-tengah kabilah yang berpecah-belah, masing-masing  memiliki seorang pemimpin, biasa melakukan pekerjaan secara tersendiri  dan tidak pernah memiliki sebuah pemerintahan yang terpusat itu, beliau  berhasil membentuk sebuah pemerintahan yang berlandaskan kepada  kebebasan dan kemerdekaan yang sempurna. Dari sisi kekuatan dan  kemampuan, pemerintahan ini pernah menjadi satu-satunya pemerintahan  mutlak di dunia setelah satu abad berlalu. 
Beliau pernah menulis enam surat dalam satu hari kepada para raja  penguasa masa itu dan mengajak mereka untuk memeluk Islam, raja-raja  yang menganggap diri mereka berada di puncak kekuatan dan meremehkan  kaum Arab. 
Ketika surat beliau sampai ke tangan raja Iran dan melihat nama  beliau disebutkan di atas namanya, ia marah seraya memerintahkan para  suruhannya untuk pergi ke Madinah dan membawa Muhammad ke hadapannya. 
Ya! Para raja itu berpikir bahwa bangsa Arab adalah sebuah bangsa  yang tidak akan menunjukkan reaksi apa pun di hadapan pasukan kecil  seperti bala tentara Habasyah. Bahkan, mereka akan lari  tunggang-langgang meninggalkan Makkah dan kehidupan mereka, serta  berlindung ke gunung-gunung. Mereka tidak dapat memahami bahwa bangsa  Arab telah memiliki seorang pemimpin Ilahi dan mereka bukanlah bangsa  Arab yang dulu lagi. 
Keempat, dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah  menetapkan dan menunjukkan sederetan undang-undang yang mencakup seluruh  kebutuhan umat manusia. Undang-undang ini akan tetap kekal hingga hari  Kiamat, dan mempraktikkannya dapat mendatangkan kebahagiaan umat  manusia. Undang-undang ini tidak akan pernah layu. “Kehalalan Muhammad  adalah halal selamanya hingga hari Kiamat dan keharamannya adalah haram  selamanya hingga hari Kiamat.”[1] Undang-undang ini akan selamanya hidup  kekal. Di hauzah-hauzah ilmiah selalu dibahas dan didiskusikan oleh  para fuqaha besar dalam sebuah obyek pembahasan fiqih,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar