Senin, 07 Mei 2012

Riwayah Hidup Syekh ‘Abdurrahim Al-’iraqi Rhm.


Al-hafizh Al-’iraqi, Pentakhrij Ihyaa’ Ulumuddin, Guru Ibnu Hajar                                                                           
Nama dan Kuniyahnya Beliau adalah ‘Abdurrahim bin al-Husain bin ‘Abdurrahman bin Abi Bakr bin Ibrahim al-Kurdi ar-Raziyani keturunan bangsa ‘Iraq, kelahiran kota Mahran, Mesir dan bermadzahab Syafi’i. Kuniyahnya adalah Abu al-Fadhl, dan digelari Zainuddin.
Dilahirkan pada hari ke dua puluh satu dari bulan Jumadil  Awwal tahun 725 H. Masa menuntut Ilmu Zainuddin (al-‘Iraqi) telah hafal al-Qur’an, kitab at-Tanbih dan al-Hawi ( kitab fiqh madzhab Syafi’i karangan Imam al-Mawardi ) ketika umur beliau depan tahun. Lalu beliau menyibukkan diri memulai menuntut ilmu dalam ilmu qira’at (ilmu tentang riwayat-riwayat bacaan al-Qur’an). Lalu beliau memulai menuntut ilmu, beliau mendengarkan riwayat hadits dari ‘Abdurrahim bin Syahid al-Jaisy dan Ibnu ‘Abdil Hadi. Beliau membaca hadits di hadapan Syaikh Syihabudiin bin al-Baba. Kemudian mengalihkan semangatnya untuk belajar ilmu takhrij, dan beliau sangat tekun dalam mentakhrij kitab ”al-Ihyaa’” (Ihyaa ‘Ulumuddin).
Saat umur beliau dua puluh tahun, beliau melakukan rihlah (pengembaraan) untuk menuntut ilmu ke sebagian besar kota di negeri Syam. Guru-gurunya Di antara guru-guru (Syaikh) al-‘Iraqi rahimahullah: -‘Ali bin ‘Utsman bin Ibrahim al-Almardini rahimahullah, yang terkenal dengan sebutan at-Turkumani al-Hanafi rahimahullah. -Shadruddin Abul Fath Muhammad bin Muhammad bin Ibrahim al-Maidumi al-Mishri rahimahullah. -‘Alauddin Abu Sa’id Khalil bin Kaikludi bin ‘Abdullahi al-‘Allaa’i rahimahullah. -‘Alauddin Abu ‘Abdillah al-Maghlatha’i rahimahullah. -Jamaluddim Abu Muhammad ‘Abdurrahim bin al-Hasan bin ‘Ali al-Asnawi rahimahullah.
Murid-muridnya Di antara murid-murid al-‘Iraqi rahimahullah adalah: -Burhanuddin Abu Ishaq Ibrahim bin Musa bin Ayyub al-Abnasi rahimahullah. -Nuruddin Abu al-Hasan ‘Ali bin Abi Bakr bin Sulaiman al-Haitsami rahimahullah. -Anaknya sendiri yaitu Waliyuddin Abu Zur’ah Ahmad bin ‘Abdurrahim bin al-Husain al-‘Iraqi rahimahullah. -Burhanuddin Abul Wafa’ Ibrahim bin Muhammad bin Khalil al-Halabi yang dikenal dengan Sibthi Ibnul al-‘Ajami rahimahullah. -Ahmad bin ‘Ali bin Muhammad al-Kinani al-‘Asqalani rahimahullah yang dikenal dengan al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani (penulis kita Fathul Bari syarh Shahih al-Bukhari).
Karya Tulisnya Karya tulis beliau sangat beragam dalam berbagai macam disiplin ilmu. Di antaranya ada dalam bidang Fikih, Ushul Fikih, Ulumul Qur’an dan yang lainnya, namun yang paling banyak adalah dalam bidang Fikih. Al-Hafizh al-‘Iraqi sangat menonjol dengan tahqiqnya (penelitian) dalam bidang Fikih, dan menonjolnya kepribadian beliau ketika membela, mebuatkan atau menimbang-nimbang pedapat-pendapat yang ada dalam masalah Fikih.
Namun yang sangat disayangkan adalah kebanyakan karya tulis beliau hilang.
Di antara kitab-kitab tersebut adalah:
1.Ajwabatul Ibnul a`rabi
2. Ihyaa’ul Qalbi al-Mayyit bi Dukhuul Bait
3. Al-Isti’adzah bil Wahid min Iqaamati Jumu’atain fii Makaanin
4. Asmaa’ullahi al-Husna
5. Alfiyyah fii Ghariibil Qur’an
6. Nuzhumus Sirah an- Nabawiyyah
7. An-Nukat ‘ala Minhaaji al Baidhaawi    
8. . Hal Yuuzabu fiil Mizaan A’maalu al-Auliyaa’i wal Anbiyaa’i am Laa?
9. Al-Arba’uuna al- Buldaaniyyah  
10. Athraaf Shahiihi Ibni Hibban
11.Al- Amaalii 
12. Bayaanu Maa Laisa bi Maudhu’in minal Ahadits
13. Taqribul Asaanid wa Tartibul Masaaniid
14. Tharhu at-Tatsriib fii Syarhi at-Taqriib

Sanjungan Ulama kepadanya Gurunya, yaitu al-‘Izz bin Jama’ah rahimahullah berkata:”Setiap orang yang mengaku hadits di negeri Mesir selain dia (al-‘Iraqi), maka dia hanya sekedar mengaku-ngaku saja.” Ibnu Nashiruddin rahimahullah berkata tentang beliau:”Syaikh, al-Imam, al-‘Allamah yang tiada bandingannya, Guru zaman, Hafizhnya masa ini, gurunya para Ahli Hadits, simbolnya peneliti hadits dan sandaran bagi para pentakhrij Hadits.” Ibnu Hajar al-‘Asqalani rahimahullah berkata:”Hafizhnya zaman ini.”
Dan beliau juga berkata:”Syaikh yang besar (guru besar) dan Syaikh yang terkenal.” Ibnul Jauzi rahimahullah berkata:”Hafizhnya negeri Mesir, Ahli Haditsnya dan Guru Besarnya.” Pengajarannya Beliau mengajar di banyak Madrasah (sekolah) di negeri Mesir dan Kairo, seperti: Darul Hadits, al-Kamilah, azh-Zhairiyyah al-Qadimah, al-Qaransiqriyah, Jami’ Ibnu Thulun, dan al-Fadhilah. Beliau juga pernah tinggal di dekat al-Haramain dalam beberapa waktu, sebagaimana beliau pernah menjabat sebagai hakim di Madinah an-Nabawiyah, berkhutbah dan menjadi Imam di sana. Wafatnya Sumber-sumber sejarah yang kami dapatkan sepakat bahwa pada hari Rabu tanggal 9 Sya’ban tahun 806 hijriyah ruh al-Hafizh al-‘Iraqi meninggalkan jasadnya (beliau wafat), setelah beliau keluar dari kamar mandi. Beliau wafat pada umur 81 tahun, jenazah beliau masyhur dan beliau dishalati oleh Syaikh Syihabuddin adz-Dzahabi, dan beliau dimakamkan di luar kota Kairo.                                                                                                                                                                        Semoga Allah merahmati beliau.
Sumber :
Muqaddimah Tahqiq at-Tabshirah wa at-Tadzkirah karya al-‘Iraqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar